Sejarah Awal Internet Entrepreneur Netpreneur Blog Indonesia

Internet Netpreneurship Blogpreneur IndonesiaAwal mula nama blog ini sebelum menjadi Netpreneur Blog Indonesia adalah Blog Pribadi UKAFAHRUROSID. Namun, seiring dengan perkembangan, dengan niatan awal saya membuat blog untuk menghasilkan uang seperti layaknya menjadi Enterpreneur di dunia nyata, saya berfikir, ternyata di internet juga dapat menghasilkan uang bahkan dollar, dengan itu dalam benak saya terlintas kata Internet Entrepreneur, tapi saya berfikir kembali akan nama Internet Entrepreneur masih terlalu kepanjangan, sehingga saya dapat ide untuk menggabungkan dua kata tersebut menjadi Netpreneur, waktu itu masih sedikit blog atau website yang menggunakan kata Netpreneur dalam percobaan saya mencari di search engine khususnya google, saya menyebutkan google, karna google merupakan sasaran saya mengejar top search engine dalam kata kunci tertentu.

Nah sekarang netpreneur sudah lumayan dikenal di dunia maya internet, bahwa netpreneur merupakan istilah yang lumayan masih baru yang sudah merabah dunia maya sebagai seorang entrepreneur dengan memanfaatkan Internet baik itu blog, website, situs, media elektronik, dll.

Sebetulnya kalau dirinci satu persatu dari kata Netpreneur (Internet Entrepreneur):

Internet
Secara harfiah, Internet (kependekan dari interconnected-networking) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Entrepreneur
Entrepreneur dalam Bahasa Indonesia memiliki beberapa kata yang sering diartikan sama, diantaranya adalah wiraswasta atau wirausaha. Definisi Wiraswasta berdasarkan asal katanya berasal dari kata wira dan swa. Wira diartkan dengan sikap teladan, jujur, baik, terkemuka; sedangkan swa berarti sendiri, dan sta artinya berdiri. Wiraswasta memuat sifat keberanian, keutamaan, keteladanan, dan semangat yang bersumber dari kekuatan sendiri. (Lupiyoadi, 2004)

Wiraswasta atau wirausaha berarti pejuang yang gagah, luhur, berani dan pantas menjadi teladan dalam bidang usaha. Dengan kata lain wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai sifat-sifat kewiraswastaan atau kewirausahaan : keberanian mengambil resiko, keutamaan, kreatifitas dan keteladanan dalam menangani usaha atau perusahaan dengan bijak pada kemauan dan kemampuan sendiri. (Siagian & Asfahani, 1995).

Di dalam penilaian para ahli, istilah entrepreneur mempunyai arti yang sangat luas, maka dari itu terdapat bermacam-macam arti. Terdapat beberapa istilah entrepreneur yang dikemukakan oleh para ahli, yaitu (Winardi, 2008):

  1. Entrepreneur adalah sebagai seorang yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu, untuk kemudian dijualnya dengan harga yang tidak pasti, sambil membuat keputusan - keputusan tentang upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya, dan menerima risiko berusaha.
  2. Entrepreneur sebagai seorang individu yang menciptakan sebuah organisasi untuk tujuan - tujuan komersial.
  3. Entrepreneur sebagai seorang yang memiliki seni serta keterampilan untuk menciptakan perusahaan - perusahaan yang baru, dan yang memiliki pemahaman tentang kebutuhan masyarakat.
  4. Entrepreneur adalah orang yang memulai susuatu usaha bisnis yang baru dibuka.
  5. Entrepreneur adalah seorang pengusaha yang menganggap bahwa perubahan lingkungan merupakan sebuah peluang dan yang kemudian memanfaatkan sumber-sumber daya produksi untuk memproduksi barang-barang dan jasa baru.
  6. Entrepreneur adalah seorang yang melaksanakan tindakan untuk mengejar peluang dalam situasi, dimana pihak lain tidak melihatnya atau bahkan peluang demikian dianggap sebagai masalah atau ancaman. Seorang entrepreneur juga merupakan seorang individu yang menerima resiko, dan yang melaksanakan tindakan-tindakan untuk mengejar peluang-peluang dalam situasi dimana pihak lain tidak dapat melihatnya atau merasakannya, bahkan ada kemungkinan bahwa pihak lain tersebut menganggap sebagai problem-problem atau bahkan ancaman-ancaman.
  7. Entrepreneur adalah seorang yang menciptakan sebuah bisnis baru, dengan menghadapi resiko dan ketidakpastian, dan yang bertujuan untuk mencapai laba serta pertumbuhan melalui pengidentifikasian peluang-peluang melalui kombinasi sumber-sumber daya yang diperlukan untuk mendapatkan manfaatnya.
Wirausahawan (entrepreneur) adalah "orang yang bertanggung jawab dalam menyusun, mengelola, dan mengukur resiko suatu usaha bisnis. Pada masa sekarang wirausahawan adalah inovator yang memapu memanfaatkan dan mengubah kesempatan menjadi ide yang dapat dijual atau dipasarkan, memberikan nilai tambah dengan memanfaatkan upaya, waktu, biaya, atau kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan" (Machfoedz, 2002, p.1).

Definisi Entrepreneur adalah "orang yang melakukan kegiatan, mengorganisasi faktor-faktor produksi, dan memberikan hasil produktif" (Alma, 1999, p.11).

Entrepreneur adalah "seseorang yang melakukan bisnis, mampu mengambil resiko dan peluang, kemudian mampu pula untuk menciptakan spekulasi untuk berbisnis. Seorang Entrepreneur dalam melaksanakan usahanya harus memiliki beberapa karakteristik antara lain memiliki kemampuan (skill), kelebihan melaksanakan kontrol, mampu membangun usahanya, suka terhadap tantangan, memiliki aspek, mampu menghasilkan banyak uang, memiliki beberapa alternatif pilihan dan siap mengambil alternatif keputusan yang tepat." (Griffin, 1996, p.226-227).

Entrepreneur adalah "seseorang dimana ia mempunya ide yang inovatif, dapat melihat peluang yang ada di dalam pasar dan dapat membuat mimpi-mimpi mereka menjadi sebuah realitas yang gemilang." (Thornberry, 2006, p.3).

Sehingga dari beberapa pengertian tentang Internet dan Entrepreneur, menurut saya Netpreneur ialah seseorang yang berusaha memanfaatkan blog, website, media cetak, media elektronik, dan sebagainya untuk menghasilkan uang atau apa yang diharapkan. Jadi, Netpreneur Blog Indonesia merupakan sarana yang menggunakan free hosting blogger sebagai blog yang dimanfaatkan untuk promosi, income dan networking sehingga diharapkan menjadi trend-setter dan dapat dikenal masyarakat dunia serta dapat menghasilkan uang rupiah, dollar atau mata uang asing lainnya.


Bagaimana menurut anda??

Kategori Posting Terkait



Comments :

3 komentar to “Sejarah Awal Internet Entrepreneur Netpreneur Blog Indonesia”

Colocation Server mengatakan... on 

Terima kasih untuk informasinya :) Sangat bermanfaat dan tulisannya enak dibaca.

Data Center mengatakan... on 

wah sejarahnya cukup panjang ya ternyata. semoga bisa dijadikan peklajaran untuk kita semua

Jasa Pembuatan Website mengatakan... on 

sejarahnya lengkap banget, thank informasinya

  • Update Terbaru
  • Info Menarik
  • Networking



Poskan Komentar

 

IP Technorati => RNUGGKZFF7CR

About Me - Administrator

Admin Netpreneur Blog Indonesia - Ukafahrurosid.com
UKA FAHRUROSID
a 25 years old. I've completed college degree from Education University of Indonesia (UPI)-Bandung, West java, Indonesia in 2011.
Learn on this blog since 10th of November 2008. Now, just to innovate to make Netpreneur Blog Indonesia has many visitors, so my main goal in blogging can be achieved is to optimize blogs as a means of promotion, income and relationships. [ Read More ]

PageRank
SEO Stats powered by 

MyPagerank.Net
Google PageRank Checker Powered by  

MyPagerank.Net
free search engine submission
W3 Directory - the World 

Wide Web Directory
Online Marketing Blogarama - The Blog 

Directory
Site Meter
Top Marketing Sites
Uka Fahrurosid - Find me on Bloggers.com PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia
Fav This With Technorati Business Blogs - Blog Rankings
Blog Directory for the Philippines Business blogs
Real Time Web Analytics Clicky Blog Directory & 

Search engine
Globe of 

Blog
Kostenlose Backlinks bei http://www.backlink-clever.de Active 

Search Results
blog-

indonesia.com
what is my ip address?
Business
Business & Finance - Top Blogs Philippines

Free Directory List



Powered by 

Mysiterank






Ping your blog, website, or RSS 

feed for Free
Text Back Link Exchange.com
free search engine submission
RNUGGKZFF7CR