Yahoo Resmi Tutup Mybloglog.com Social Network Services

Yahoo MyBlogLog Ditutup!Yahoo Inc telah resmi menutup layanan MyBlogLog Social Network Service.

Berilut pesan yang baru saja di emailkan ke semua pengguna yahoo mybloglog termasuk saya pribadi.

Dear MyBlogLog Customer,

You have been identified as a customer of Yahoo! MyBlogLog. We will officially discontinue Yahoo! MyBlogLog effective May 24, 2011. Your agreement with Yahoo!, to the extent that it applies to the Yahoo! MyBlogLog, will terminate on May 24, 2011.

After May 24, 2011 your credit card will no longer be charged for premium services on MyBlogLog. We will refund you the unused portion of your subscription, if any. The refund will appear as a credit via the billing method we have on file for you. To make sure that your billing information is correct and up to date, visit https://billing.yahoo.com.

Questions?

If you have questions about these changes, please visit the Yahoo! MyBlogLog help pages.

We thank you for being a customer on Yahoo! MyBlogLog.

Sincerely,

The Yahoo! My BlogLog Team

Myblogblog adalah satu dari dua blog networking services yang paling populer beberapa tahun terakhir ini. Berbagai fasilitas disediakan layanan yang dibeli oleh Yahoo ini. Misalnya community, tracking, rss submisi dan sebagainya. RSS submisi mybloglog telah lama digunakan sebagai salah satu cara untuk mencari backlink secara gratis dan mudah. Community merupakan cara ampuh untuk menemukan blog friends. Dan tracking sistem mybloglog merupakan sumber analisis traffick source, page view dan link click. Feature ini merupakan cara yang paling gampang untuk mengetahui trend visitor, sebagai contoh bagi pemasang adsense untuk mengetahui lokasi mana yang paling strategis untuk penempatan iklan. Akankah semua fasilitas tersebut masih bisa dinikmati?

Kita tahu bahwa Yahoo telah banyak menutup layanannya. Sebut saja Yahoo 360 yang hanya sebentar dilaunching. Yahoo Geocities yang telah lama menampung milyaran pages dari orang-orang secara pribadi telah ditutup. Geocities yang merupakan resources referensi andalan sebelum menjamurnya blog pada akhirnya menghilang dan telah menjadi fokus penyelamatan dari para pecinta internet, utamanya webarchive. Bagaimana dengan mybloglog?

Yahoo telah mengumumkan secara resmi pada halaman pembuka mybloglog bahwa layanan ini akan ditutup per 24 Mei 2011. Para pengguna disarankan untuk migrasi ke Yahoo Pulse. Menurut Yahoo, Yahoo Pulse lebih sosialis. Tetapi bagaimana dengan tracking system? Yahoo tampaknya akan menutup layanan ini. Jadi blogger musti mengandalkan histats, sitemeter dan google analytics yang lebih lengkap tetapi sekaligus juga menjadi lebih rumit.

Bagaimana tanggapan Anda??