Pidato Apel Pagi Tentang Manfaat IT di SMKN 2 Bandung

Ini merupakan pengalaman pertama saya selama melaksanakan PLP-UPI menjadi pembina apel pagi dengan mengisi materi tentang manfaat teknologi informasi di SMKN 2 Kota Bandung pada hari jum’at tanggal 07 Mei 2010 yang dilakasanakan dengan berhasil.

Berikut ini merupakan isi text yang disampaikan, namun belum merupakan pembicaraan asli saat apel pagi.

Assalamu’alikum Wr.Wb
Robbisrohli Sodri Wayassiril Amri Wakhlul Ukhdatammillisaani Yafkohu Qoulii

Alhamdulillahhirabbil alamiin puji syukur ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunianya kita semua masih diberi kesempatan untuk hidup, diberi kenikmatan khususnya nikmat sehat baik jasmani maupun rohani, sehingga kita semua dapat berkumpul di tempat yang mulia ini untuk melaksanakan apel pagi dan melaksanaken kewajiban kita sebagai makhluk allah yaitu untuk belajar dan terus belajar.

Pada kesempatan kali ini bapak diberikan amanah untuk menyampaikan materi apel pagi dengan tema “Manfaat IT

IT merupakan kependekan kata dari Information Technology atau yang mungkin sudah akrab ditelinga kita dengan sebutan Teknologi Informasi

Teknologi Informasi kalau dilihat dari kata penyusunnya adalah teknologi dan informasi. Secara mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas penyebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.

Lantas bagaimana sejarah munculnya teknologi informasi ini?
Dulu, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja.

Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh.

Kemudian ditemukan alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet atau dengan penulisan angka.

Dan saat ini teknologi yang ada adalah teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer, hp, dll mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain:

  1. Bidang pendidikan
  2. Bidang ekonomi
  3. Bidang pemerintahan
  4. Bidang kesehatan

Apa saja manfaat IT dibidang-bidang tersebut?
Manfaat dibidang pendidikan
  1. E-learning
  2. Berkembannya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (long distance).

  3. Sharing Resource
  4. Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan/latihan dalam sebuah jaringan.

  5. E-library
  6. Perpustakaan digital

  7. Perangkat Informasi Interaktif
  8. Penggunaan perangkat informasi interaktif, seperti CD-ROM multimedia, dalam pendidikan secara bertahap mengganti TV dan Video.

Kita sudah mengenal program Internet Goes to School, Community Access Point, e-Learning, Smart Campus dan Generasi Baru Guru Indonesia, yang dilansir salah satu operator terbesar di Tanah Air.

Manfaat Dibidang Ekonomi
  1. E-banking
  2. Transaksi perbankan secara online.

  3. E-commerce
  4. Perdagangan menggunakan jaringan internet.

  5. Enterprice resource planning (ERP)
  6. Aplikasi pernagkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perushaan

Manfaat dalam bidang pemerintahan
E-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti:
  1. G2C (government to citizen)
  2. G2B (government to business)
  3. G2G (government to government)

Manfaat Dibidang Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

Itulah beberapa manfaat IT yang tentunya masih banyak manfaat-manfaat lainnya yang tidak disebutkan semuanya.

Demikian, semoga bermanfaat dan sekian yang bisa bapak sampaikan mohon maaf apabila banyak kekurang dan kesalahan kata.

Wabillahittaufik walhidayaah,
Wassalamu’alaikum WR.WB