Untukmu Para Perempuan Terhebat!

Sebuah refleksi peringatan Hari Kartini

Waktu telah membuatmu tumbuh, wahai jantung kebahagianku...! Merajut hari-hari, meninggalkan masa kecilmu, memasuki masa remajamu. Kini dalam dunia lahir, engkau bak mawar pemilik sisi manis yang memikat dari susunan kelopak dan warna yang terpadukan. Namun aku selalu ingatkan, adalah susunan itu menjadi lebih manis dan selalu manis kala bulir-bulir kalam keagungan dan untaian zikir kesucian mengalir bening di sana mengirimkan nur kedamaian, membersitkan aura kesejatian.

Maka untukmu aku bekalkan kalam perumpamaan; sebagai pijakan untuk menelusuri jalan tujuan; pembeda tipuan halus yang melenakan; penyadar dari kebanggaan semu yang memabukkan.

Duhai penggembira hatiku...! Kecantikan wajah dan kebaikan tubuhmu adalah anugerah Tuhan, amanah keindahan-Nya yang Ia percayakan padamu, bukti kesempurnaan ciptaan-Nya yang tergambar lewatmu. Itu bersifat sementara, fana dan akan berakhir dengan bergeraknya matahari yang membentuk hari, bulan dan tahun. Kau boleh taburi wajahmu dengan aneka bubuk keayuan tapi jangan lupa, kau harus selalu baluri ia dengan air kesucian. Kau boleh hiasi tubuhmu dengan aneka sandang keindahan. Tapi jangan kau balut tubuhmu dengan yang kau kenakan namun lindungilah ia dengannya. Karena membalut adalah menutup untuk menonjolkan sedang melindungi adalah menutup untuk memuliakan. Karena tubuhmu bukanlah nasi ketan yang dibungkus transparan tapi ia adalah ciptaan yang penuh kemuliaan.

Wahai belahan jiwaku...! Jangan kau jadikan ia sebagai kebanggaan akhirmu. Karena bila kau lakukan itu, kau laksana bunga yang bangga hanya karena keindahan warna dan susunan kelopaknya di saat mekar.

Lihatlah bunga yang mekar itu...! Begitu banyak kumbang-kumbang yang mencoba mendekati dan menyentuhnya; Begitu banyak mata yang terbelalak kagum karena keindahannya; Begitu banyak tangan yang ingin memetiknya.

Tapi lihat lagi setelah waktu berlalu...! Ketika warnanya mulai memudar, kelopaknya mulai layu lalu berguguran. Masihkah kumbang-kumbang itu terbang mengelilinginya? Adakah mata yang melirik kembali walau seseaat? Mungkinkah tangan menjulur jari-jemarinya lagi untuk merengkuhnya?

Kau hidup bukan karena gerak jasadmu yang mempesona, tapi kau hidup karena goresan pelajaran pada mata pikiranmu.
Untaian makna dalam kata-katamu, dan kesempurnaan tindakan pada karsamu.


Kau tak perlu jawab itu semua dengan lisanmu. Tapi endapkan ia dalam jiwa dan nuranimu, kemudian munculkan ia dalam sebuah kesadaran baru bahwa kejumawaan hakikimu, keagungan nyatamu dan kemaujudan sejatimu bukan pada tampak luarmu.

Kau adalah apa yang ada dalam jiwamu. Eksistensimu adalah tampak dalammu. Bila kau sadari itu, kau laksana bunga pada pohon buah. Kemunculanmu adalah keniscayaan yang selalu dinantikan. Kehadiranmu adalah harapan untuk sekelilingmu. Kala mekar, semua mata memandang dengan kasih. Dan tangan-tangan itu bertaut erat membentuk perlindungan untukmu. Gugurnya kelopakmu bukanlah akhir perjalananmu, tapi upaya untuk menjadi yang lebih, menjadi buah kesejatian.

Kala uara batin dan pikiran jernihmu menawan, itulah buah hakekat dirimu yang selalu menjadi telaga. Telaga yang tak pernah kering, walau panas matahari memutar zaman. Karena kau mengairi dirimu sendiri dari mata air jernih yang mengalir dari kesucian sisi jiwa dan hatimu. Tidak hanya itu, kaupun menghapus dahaga para musafir pencari hakekat dan mengalirkannya pada jiwa-jiwa tandus dan gersang yang gelisah mengerang mencari kesegaran. Kau mengalir, kau hidup bukan hanya karena gerak jasadmu yang mempesona, tapi kau hidup karena goresan pelajaran pada mata pikirmu, untaian makna dalam kata-katamu, dan kesempurnaan tindakan pada karsamu, yang semuanya memberi arti hidup pada jiwa-jiwa itu.

Kau bisa lihat amtsal telaga itu wahai rembulan kalbuku...! Pada diri Khadijah, pada keluasan fikiran ‘Aisyah, pada kesucian pribadi Rabi’ah, pada keberanian hati Cut Nyak Dhien dan pada tekad mandiri Kartini.

Kategori Posting Terkait



Comments :

6 komentar to “Untukmu Para Perempuan Terhebat!”

hidupinas mengatakan... on 

indah sekali.

Fathiyyah Amany Lestari mengatakan... on 

Bismillahirrohmannirrohim...

Subhanallah...suatu untaian kata yang begitu indah bagi Kami kaum hawa yang mampu menjadikan tadzkiroh bagi kami...

Semoga untaian kata-kata ini mampu membangkitkan kesadaran kaum hawa akan anugrah Allah yang tiada henti mengalir baginya...

Syukron akhi sudah mau mampir lagi ke blog saya...

Semoga jalinan ukhuwah ini akan tetap terjaga...

Ain::Zai::Ta mengatakan... on 

punyai maksud tersendiri...
syukran diatas kefahaman terhadap wanita.

nisa mengatakan... on 

Asslamu'alaikum Wr Wb

So Beautifull...

Dhiita 박영아 mengatakan... on 

^_^ gud posting..

online mengatakan... on 

Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

Salam hormat
http://kombes.Com

  • Update Terbaru
  • Info Menarik
  • Networking



Poskan Komentar

 

IP Technorati => RNUGGKZFF7CR

About Me - Administrator

Admin Netpreneur Blog Indonesia - Ukafahrurosid.com
UKA FAHRUROSID
a 25 years old. I've completed college degree from Education University of Indonesia (UPI)-Bandung, West java, Indonesia in 2011.
Learn on this blog since 10th of November 2008. Now, just to innovate to make Netpreneur Blog Indonesia has many visitors, so my main goal in blogging can be achieved is to optimize blogs as a means of promotion, income and relationships. [ Read More ]

PageRank
SEO Stats powered by 

MyPagerank.Net
Google PageRank Checker Powered by  

MyPagerank.Net
free search engine submission
W3 Directory - the World 

Wide Web Directory
Online Marketing Blogarama - The Blog 

Directory
Site Meter
Top Marketing Sites
Uka Fahrurosid - Find me on Bloggers.com PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia
Fav This With Technorati Business Blogs - Blog Rankings
Blog Directory for the Philippines Business blogs
Real Time Web Analytics Clicky Blog Directory & 

Search engine
Globe of 

Blog
Kostenlose Backlinks bei http://www.backlink-clever.de Active 

Search Results
blog-

indonesia.com
what is my ip address?
Business
Business & Finance - Top Blogs Philippines

Free Directory List



Powered by 

Mysiterank






Ping your blog, website, or RSS 

feed for Free
Text Back Link Exchange.com
free search engine submission
RNUGGKZFF7CR