Amankah Account Facebook Anda?

Kewaspadaan para user facebook (FB) setelah munculnya virus worm Koobface yang menginfeksi account facebook maupun myspace dan sampai saat ini juga telah mulai merebak spam foto dan video. Kalau koobface menginfeksi komputer maka saat login ke facebook atau myspace otomatis akan menyebarkan worm tersebut ke daftar list friend yang ada di account tersebut.

Tentunya user facebook dapat dirugikan bila tidak diketahui akun facebook miliknya tiba-tiba mengirimkan email secara otomatis bertubi-tubi apalagi melakukan spam ke beberapa teman untuk membuka file video palsu dan mengharuskan teman untuk mendownload plugin tertentu atau upgrade flash player terbaru misalnya. Seketika itu pula setelah file terdownload maka akan segera menginfeksi komputer dan akibatnya sama akan menyebarkan file jahat tersebut ke daftar friend.

Makanya harus hati-hati mendownload apapun dari suatu link yang mencurigakan dan belum jelas dan juga anda harus rajin update sistem keamanan seperti anti virus.

Akhir-akhir ini memang yang terjadi hampir mirip dengan koobface, namun link yang dikirimkan itu masih berupa postingan di wall/dinding profil facebook dan seolah-olah ditulis langsung oleh teman kita. Isinya memang pemberitahuan dalam bahasa inggris untuk membuka suatu website tertentu agar dapat melihat foto-foto atau video yang ada di sana.

Kalau memang terjadi yang demikian itu anda harus curiga dulu bila belum pernah merasa posting di situ dan alamat websitenya pun ditulis bukan dalam link tapi dalam kata-kata dan buat yang penasaran akan menyalin satu-demi satu ke browser plus menambahkan .com misalnya.

Tapi apa yang didapatkan?

Ternyata tidak ada gambarnya bahkan yang ada malahan kita disuruh memasukkan username dan password facebook.

Itulah salah satu tipuan situs phising ini.

Jika anda memasukkan username dan password yang benar dijamin account facebook akan dikuasai spam dan efeknya semua info data pribadi juga akan dikuasai dan dapat menyebar ke temen-temen yang lain.

Penanganan kasus inipun sebenarnya juga terbilang gampang hanya dengan tidak membuka website palsu tersebut termasuk memasukkan username dan password. Tapi apabila sudah terkena segeralah ganti password saat itu juga dan pastinya selalu update sistem keamanan komputer anda.

Sebenarnya seberapa bahayakah virus worm itu?

Yang jelas pasti merugikan anda dan harus merasa bersalah dengan temen yang ketularan plus data-data pribadi misalnya nomor telepon, nomor credit card atau data apa aja yang bisa dikuasai file jahat itu untuk kepentingannya.