Membuat Posting Yang Baik

Semua orang menginginkan postingnya terlihat baik, itu semua tergantung dari isi blog sahabat. Apabila sahabat membuat foto atau video pada blog, maka sedikitnya akan mendapat komentar-komentar. Coba lihat di www.youtube.com dimana para blogger beramai-ramai men-sharing foto-foto/video yang ada di youtube tersebut. Akan tetapi kadang-kadang orang sering memasukkan apa saja yang kira-kira bisa dipostingkan.

Disini saya mencoba memberikan sedikit nasihat bagaimana membuat isi blog yang 100% murni dari kemampuan menulis sahabat sendiri.

“Saya tidak punya petunjuk untuk membuat posting yang baik di blog”


Setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Apabila sahabat masuk dalam persoalan seperti itu, maka jangan sampai sahabat hanya ikut larut dalam persoalan tersebut.

Ada beberapa cara agar sahabat mendapatkan inspirasi, diantaranya:

  1. Kantor
  2. Jika sahabat bekerja sebagai asisten atau jurnalis atau karyawan sekalipun, maka sahabat bisa mendapat inspirasi dari situasi-situasi yang ada di kantor sahabat. Misalnya sahabat mempunyai urusan dengan partner dekat atau bos sendiri. Sahabat bisa memikirkan kembali setelah berada di rumah dengan apa yang telah terjadi di kantor, sahabat cari solusinya, dengan begitu sahabat bisa menjadikannya posting di blog sahabat.
  3. Pergi Keluar
  4. Apabila sahabat susah sekali mendapatkan ide untuk dijadikan posting, maka ada banyak jalan yang bisa sahabat gunakan salah satunya dengan keluar cari udara segar misalnya. Sahabat bisa berjanjian dengan teman dengan meneleponnya untuk mencari udara segar. Apabila sahabat tidak punya banyak teman, pergilah ke tempat-tempat lain yang belum pernah sahabat kunjungi.
  5. Media
  6. Apabila sahabat kurang senang keluar ruangan dan hanya ingin berdiam diri saja di rumah, sahabat bisa mendapatkan inspirasi dengan menonton TV atau Radio atau mendengarkan musik kesayangan ataupun membaca majalah. Sebenarnya tanpa sahabat sadari, ada banyak sumber inspirasi yang didapat di ruangan rumah sekalipun untuk dijadikan sebagai posting di blog sahabat.
  7. Website/Blog
  8. Ketika sahabat berkunjung dan membaca blog orang lain, apakah sahabat pernah memikirkan bagaimana pemilik blog itu membuatnya?! Sahabat juga bisa mendapatkan inspirasi dari kisah sukses mereka, dan sahabat bisa sukses pula seperti mereka. Jangan malu dan putus asa, optimis bisa membantu sahabat untuk mencapainya dan bisa menjadi lebih baik di kemudian hari dari pada orang tersebut.
  9. Kemampuan/Skill
  10. Apakah sahabat mahir dalam menggambar atau main video game atau web programming??
    Dari situ sahabat bisa membuat tutorial sendiri dan bisa berbagi dengan orang lain yang belum tahu akan kemampuan sahabat. Sahabat juga bisa mendapatkan beragam skill dari kursus-kursus yang pernah sahabat ikuti.


Jangan lupa juga setelah sahabat mendapatkan ide, gagasan, pandangan, atau pilihan, maka yang harus sahabat lakukan berikutnya adalah:

  1. Dokumentasi
  2. Catat/ketiklah ide/gagasan/pandangan/pilihan sahabat di Notepad/MS Word dan kemudian di save di komputer sahabat.
  3. Layar Foto
  4. Apabila ini benar-benar sangat penting, sahabat bisa memasang foto dari komputer/kamera digital yang kemudian di posting di blog sahabat. Mudah bukan?
  5. Tanya Keluarga atau Teman
  6. Setelah semuanya dibuat, sahabat bisa bertanya pada kakak, adik, ataupun teman agar mereka bersedia memberikan opininya dengan apa yang sahabat lakukan di blog.

Kadang-kadang mereka biasanya memberikan pengaruh yang lebih baik lho..
Jika memang itu terjadi, sahabat jangan terlalu PD (percaya diri) atas apa yang telah sahabat kerjakan.

Semoga bermanfaat.