Tips Bebas Dari Stres Dalam Kehidupan

Tips Bebas Dari Stres Dalam KehidupanPakaian dan sepatu sering berserakan di semua tempat. Kekacauan seperti ini tidak dapat diterima.

Sebagai gantinya, belilah dua atau tiga rak sepatu, kemudian tatalah sepatu anda di satu tempat. Letakkan sepatu favorit pada satu rak dan sepatu sehari-hari di rak lainnya. Rak ketiga dapat digunakan untuk sepatu yang biasanya anda pakai di rumah. Selain itu, rumah kita juga dikotori segala macam kertas, yaitu yang sudah tidak dipakai dan hanya cocok untuk keranjang sampah.



Jika anda tidak melihat suatu arsip selama bertahun-tahun, kecuali arsip-arsip itu tentang bangunan/tanah atau bank, anda mungkin akan baru melihatnya beberapa tahun lagi atau sampai saat itu tidak lagi diperlukan. Keluarkan berkas yang paling tebal dari lemari arsip anda dan buanglah kertas kerja yang sudah “kadaluarsa”.

Belilah kalender baru setiap tahunnya dan tandai di kalender semua itu kejadian yang berulang, misalnya hari ulang tahun, hari jadi, dan lain-lain. Masukan juga peristiwa dan perjanjian lain yang telah anda jadwalkan. Gunakan stabilo dan spidol. Tandai kalender anda dengan stabilo sehingga anda dapat melihat sekilas apa yang akan terjadi.

Contohnya, tandai dengan stabilo warna biru pada hari ulang tahun dan hari jadi, warna hijau pada tanggal perjanjian, dan warna kuning untuk tanggal proyek. Tidak ada ketentuan pasti untuk pola warnanya. Anda dapat menggunakan pola warna apa saja. Bekerja akan jadi lebih mudah jika anda mengatur diri secara teratur.

Buatlah daftar lima orang yang ingin anda telepon. Tuliskan nomor telepon mereka kemudian jadwalkan waktu untuk menelepon.

Simpanlah semua kliping referensi dari majalah di dalam satu arsip. Bacalah satu buku setiap bulan dan bagilah apa yang anda baca dengan anggota keluarga atau teman. Anda tidak perlu membeli buku setiap bulan. Anda harus membangun suatu kebiasaan mengunjungi perpustakaan setempat dan menjadi anggota.

Banyak orang yang memiliki rumah atau tempat kerja tidak teratur karena mereka menunggu untuk mengatur barang atau menunda untuk membuang barang yang tidak lagi mereka butuhkan. Barang-barang disingkirkan untuk sementara, misalnya ke meja makan atau meja kerja, “hanya untuk saat itu”. Tempat penyimpanan sementara itu sering kali menjadi tempat yang berantakan.

Contohnya, jika sudah ada satu surat kabar di meja, anda mungkin berdalih surat kabar itu sama sekali tidak menghasilkan perbedaan yang besar, demikian juga jika tiga surat kabar diletakkan di sana.

Pada kenyataannya, hal itu akan menghasilkan perbedaan yang sangat besar. Sebelum menyadarinya, anda sudah menghadapi tumpukan koran yang tinggi sekali di meja dan anda telah membuat meja anda benar-benar tidak dapat dijadikan tempat kerja lagi.

Kita memiliki kecenderungan untuk melemparkan jaket, kaus kaki, atau handuk ke atas punggung sofa atau kursi di rumah. Kita mungkin merasa itu hanya satu barang.

Nah, bagaimana jika semua anggota keluarga tiba dan melemparkan barang mereka di sebelah barang anda, di sofa dan kursi? Mereka memiliki hak yang sama besarnya dengan anda untuk melakukan seperti yang anda lakukan.

Jika sesuatu cukup baik untuk ibu dan ayah, mereka akan beragumentasi bahwa itupun cukup baik bagi mereka. Tidak perlu waktu lama sebelum rumah anda menjadi suatu tempat yang berantakan. Jika kita tidak peduli dengan sampah yang kecil, sampah itu akan segera menjadi sampah yang besar. Karena itu, jika lain kali anda melihat orang melempar surat ke meja makan dan bukannya langsung membacanya pada saat itu, atau membiarkan cucian pakaian menumpuk sepanjang minggu dan bukannya mencucinya dengan mesin cuci satu kali sehari, ingatlah bahwa itu akan menjadi sampah dapat dihindari hanya dengan meluangkan beberapa menit untuk membuang barang itu atau membebaskan diri dari hal-hal yang tidak anda perlukan lagi segera.

Setiap persoalan besar pada awalnya hanya persoalan kecil yang menjadi gangguan besar di kemudian hari. Sampah menciptakan stres. Anda dapat menghindari stres seperti itu dengan cara-cara berikut:

  1. Menulis buku harian
  2. Catatlah daftar barang, peristiwa, waktu, tempat, dan orang yang tampaknya membuat anda stres. Lakukan hal ini setidaknya satu kali dalam dua minggu atau lebih bagus lagi satu kali dalam sebulan, untuk mendapatkan gambaran yang jelas. Anda akan terkejut menemukan bahwa sebuah pola akan segera timbul dari buku harian ini agar tuntutan untuk melakukan terlalu banyak hal sekaligus akan terselesaikan. Menulis buku-harian-stres akan membantu anda menangani stres. Buku harian itu akan membantu anda menemukan tingkat-tingkat stres yang dapat anda toleransi secara lebih baik, yaitu tingkat dimana anda dapat bekreja di bawah stres secara efektif. Pada tingkat kenyamanan itu, anda akan memahami hal-hal yang menyebabkan stres. Anda dapat juga menilai seberapa efektif strategi pengendalian stres anda. Begitu mencatat buku-harian-stres selama beberapa minggu, anda akan berada dalam posisi untuk menganaisisnya dan mengembangkan rencana tindakan untuk mengendalikan stres. Begitu anda mengidentifikasi titik-titik stres anda, anda dapat mempertimbangkan untuk mengambil solusi-solusi berikut ini. Perlakukan buku harian anda seperti seorang teman baik atau mitra anda dan masukkan pikiran anda ke dalamnya, seolah anda sedang mendiskusikan suatu hal. Mendiskusikan suatu hal sering kali membuat anda merasa lebih baik. Anda akan mendapatkan perasaan yang sama setelah membaca pemikiran anda, jika pemikiran itu telah dicatat dengan setia dan jujur. Buku harian anda akan memberikan nasihat untuk menangani situasi stres yang telah anda kenali.
  3. Rencanakan jeda waktu di hari kerja
  4. Tunjukan kegiatan ini adalah memberikan waktu untuk kejadian tidak terduga yang selalu terjadi di sepanjang hidup kita setiap harinya. Bangunlah 30 menit lebih pagi dari biasanya akan membantu anda bersiap-siap tanpa tergesa-gesa. Akan lebih baik lagi jika segalanya dipersiapkan malam sebelumnya. Usahakan untuk memiliki 30 menit di pagi atau sore hari sebagai waktu khusus untuk anda sendiri. Ini adalah waktu di mana anda dapat melakukan apa saja yang anda inginkan, walaupun itu sekedar bersantai dan tidak melakukan apa pun. Nantikan saat-saat seperti ini ketika anda sangat sibuk. Hindari merokok dan minum alkohol jika anda menggunakannya sebagai penopang. Keduanya tidak akan membantu anda mengatasi stres. Dalam jangka panjang, mereka akan membuat stres semakin buruk. Minum alkohol untuk “menenangkan saraf” bukan solusi dan merupakan suatu pendekatan yang licik.

Kategori Posting Terkait



Comments :

0 komentar to “Tips Bebas Dari Stres Dalam Kehidupan”

  • Update Terbaru
  • Info Menarik
  • Networking



Poskan Komentar

 

IP Technorati => RNUGGKZFF7CR

About Me - Administrator

Admin Netpreneur Blog Indonesia - Ukafahrurosid.com
UKA FAHRUROSID
a 25 years old. I've completed college degree from Education University of Indonesia (UPI)-Bandung, West java, Indonesia in 2011.
Learn on this blog since 10th of November 2008. Now, just to innovate to make Netpreneur Blog Indonesia has many visitors, so my main goal in blogging can be achieved is to optimize blogs as a means of promotion, income and relationships. [ Read More ]

PageRank
SEO Stats powered by 

MyPagerank.Net
Google PageRank Checker Powered by  

MyPagerank.Net
free search engine submission
W3 Directory - the World 

Wide Web Directory
Online Marketing Blogarama - The Blog 

Directory
Site Meter
Top Marketing Sites
Uka Fahrurosid - Find me on Bloggers.com PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia
Fav This With Technorati Business Blogs - Blog Rankings
Blog Directory for the Philippines Business blogs
Real Time Web Analytics Clicky Blog Directory & 

Search engine
Globe of 

Blog
Kostenlose Backlinks bei http://www.backlink-clever.de Active 

Search Results
blog-

indonesia.com
what is my ip address?
Business
Business & Finance - Top Blogs Philippines

Free Directory List



Powered by 

Mysiterank






Ping your blog, website, or RSS 

feed for Free
Text Back Link Exchange.com
free search engine submission
RNUGGKZFF7CR